Oleh: bramazz | Desember 16, 2007

AMD Salah Strategi, Intel Menuai Sukses

Berdasarkan prediksi iSuppli tahun 2007 tentang penguasaan pasar chip, Intel bertahta di urutan pertama mengalahkan rivalnya AMD (Advanced Micro Devices). AMD pun harus puas dengan duduk di posisi 11.

Pendapatan chip Intel meningkat 7,7 persen, dari USD 31,5 miliar (USD 1 = Rp 9.380, sumber: detikcom) di tahun 2006 menjadi USD 33,97 miliar di tahun 2007. Intel sukses mengungguli semua industri semikonduktor dengan angka pertumbuhan 4,1 persen di tahun 2007.Pangsa pasar Intel tahun ini meningkat menjadi 12,5 persen, naik dari 12,1 persen di tahun 2006.

Di lain sisi, setelah sempat masuk ke daftar 10 besar untuk pertama kalinya tahun lalu, pendapatan AMD di tahun 2007 justru menurun dari US 7,5 miliar menjadi USD 5,8 miliar. AMD harus rela terdepak dari posisi 8 ke posisi 11.

Disebut-sebut, akar kekalahan AMD adalah karena AMD terlalu fokus pada pengembangan native quad core (chip empat inti yang ditanam di satu keping silikon). Sementara di sisi lain Intel mengkombinasikan dua chip dual core dalam satu keping silikon. Hal ini dinilai sebagai kekeliruan strategi AMD.


Responses

  1. emang si amd tuh kurang mengerti apa yang namanya bisnis. Setelah menangnya althon64 atas p4 dalam segi performa mereka jadi berambisi untuk menang lagi atas core2 tapi nggak memperhatikan kondisi dunia bisnis saat ini. foolish banget deh mereka

  2. Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Abandon!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: